Etos Kerja Secara Islami

10:14:00 AM
Etos Kerja Secara Islami
foto diambil dari slideshare.net

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Sahabatku Sekalian, Bekerja didalam Muslim itu Wajib hukumnya, Karena Bekerja merupakan salah satu ibadah kepada ALLAH SWT. Setiap muslim harus menumbuhkan etos kerja secara islami, karena pekerjaan yang ditekuninya bernilai ibadah. kemudian hasil dari pendapatan pekerjaannya juga bisa digunakan untuk ibadah lainnya termasuk didalamnya mencukupi ekonomi keluarga. Nilai dalam Bekerja juga harus diperhitungkan keberkahan dan kehalalannya.

Pertimbangannya sederhana saja, penghasilan yang diperoleh secara tidak halal, cepat atau lambat akan menjadi  sumber malapetaka keluarga, masyarakat, negara dan agamanya.

Oleh karena itu, Thohir Luth mengingatkan umat islam agar menjauhi cara-cara mendapat rizki dengan  tidak halal, terutama mengambil hak orang miskin. Agar seorang muslim memiliki etos kerja yang andal, beberapa hal berikut yang penting untuk diperhatikan secara serius dan terus menerus;

Etos Kerja Secara Islami
foto diambil dari youtube.com

1. Niat Ikhlas Karena ALLAH Ta'ala semata, Niat ihklas akan membantu kita sadar diri bahwa apapun yang kita lakukan senantiasa dalam pantuan Allah Ta'ala, kita semakin ringan dalam bekerja  karena memang hanya ingin mendapat ridhonya, dengan Ikhlas kita senantiasa bersyukur atas apapun yang kita peroleh.

2. Bekerja Keras (Al-Jiddu fi al -'amal), dalam bekerja lakukanlah dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab, sepenuh hati, jujur, dan mencari rezeki yang halal dan dengan cara halal pula, hal ini terdapat dalam hadits berikut " Sesungguhnya Allah mencintai hamba-nya yang bekerja terampil. Barang siapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya, maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah." (HR. Ahmad).

3. Miliki Cita-cita yang tinggi (Al-Himmah Al-'Aliyah), Seorang muslim tidak boleh puas menjadi bawahan seumur hidup. Biarlah hari ini menjadi buruh, tetapi suatu saat kita akan menjadi majikan. Biarlah kesana kemari tetapi suatu saat nanti kita akan membuka lapangan pekerjaan di tempat kita.

4. Bekerja Secara Profesionalisme, dalam bekerja kita wajib terampil dan ahli dalam pekerjaan yang kita bidangi, Karena Muslim menuntut umatnya Terampil dan ahli dalam bidang apapun yang ditekuninya.

5. Memberikan Masukan berupa Pendapat kepada Rekan, Atasan Ataupun Bawahan, masukan Ide ataupun pendapat sangat berguna dibidang apapun, hal ini dikarenakan dapat membenahi kekurangan atau kelemahan dalam sistem bekerja, sehingga Bekerja akan lebih optimal dan bermanfaat.

Lima Hal di atas adalah dasar dalam kita menumbuhkan Etos kerja, dimana Setiap Muslim yang bekerja dengan sungguh-sungguh untuk menghidupi keluarganya dan mencegah diri dari meminta-minta benar-benar mulia di sisi-Nya. 

Sumber :  Al-Qalam No.19/2016

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔