Amalan Bulan Sya'Ban

2:58:00 PM

Amalan Bulan Sya'Ban




Bulan Sya'ban tepatnya Sabtu, 7 mei 2016 yang lalu saat terbenamnya matahari sudah masuk 1 Sya'ban 1437H. Bulan ini merupakan bulan yang disukai oleh Rasulullah SAW untuk memperbanyak amalan-amalan shalih termasuk beramal shalih dengan hampir seluruh hari dalam bulan sya'ban beliau berpuasa, kecuali satu dua hari saja menjelang Ramadhan, karena khawatir mendahului Ramadhan. 

Amalan Bulan Sya'Ban



Disamping itu pada bulan ini diangkatnya amal manusia kepada ALLAH SWT. Sebagaimana penjelasan Rasulullah SAW: Dari Aisyah ra berkata: "Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAw melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunnah melebihi (puasa sunnah) dibulan Sya'ban." (HR. Bukhari:1969 dan Muslim:1156) 

dalam riawayat lain beliau bersabda : Usamah bin Zaid berkata kepada Rasulullah , "Wahai Rasulullah, saya tidak melihat engkau berpuasa di satu bulan melebihi puasamu di bulan Sya'ban. Rasulullah menjawab,"ini adalah bulan yang dilalaikan oleh kebanyakan manusia, yaitu antara bulan Rajab dan Ramadhan. dibulan inilah amal perbuatan manusia diangkat kepada Rabb semesta alam. Karena itu aku ingin saat amalku diangkat kepada Allah, aku sedang berpuasa."(HR. an-Nasa-i, dihasankan oleh al Albani).

Apa saja yang dilakukan dibulan Sya'ban ?

Memperbanyak Amalan Shalih Yaitu:
a. Puasa, didalam bulan sya'ban tidak mengkhususkan berpuasa sehari atau dua hari terakhir bulan   sya'ban, Rasulullah dibulan Sya'ban memperbanyak puasa sunnah karena bulan Sya'ban amal-amal kita diangkat ke Rabbnya.

b. Memanfaatkan Waktu, waktu yang tepat untuk memperbanyak sholat sunnah adalah dibulan Sya'ban, Berdzikir, Sholat malam, tilawatil Qur'an.

c. Memperbanyak Amal shalih secara Umum, amal shalih secara umum pada bulan sya'ban seperti membagikan rezeki kita ke yatim piatu, fakir miskin. dan kalau mampu  memberikan dakwah kepada keluarga ataupun orang sekitar.

itulah amalan-amalan yang penting dibulan sya'ban ini, semoga Kita semua menjadi orang-orang diberi hidayah oleh ALLAH SWT, sebagai hamba yang taat, dan diluruskan hati kita seperti orang-orang mukmin. Amin ya robbal Alamin. 

Baca juga Artikel kami : Pesaing ps4



 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔