DayDream, VR bikinan Google

12:00:00 PM
DayDream, VR bikinan Google
(foto: androidauthority.com)
Belakangan ini para produsen IT berlomba-lomba membuat VR-nya masing-masing. Sehingga teknologi VR berkembang sangat pesat saat ini. Dari yang kompleks seperti Oculus Rift sampai yang sederhana seperti Cardboard.

Di ajang Google I/O 2016 diumumkan sebuah platform Virtual Reality (VR) yang bernama DayDream. Google berharap dengan platform ini dapat menyatukan dunia VR. Seperti kita tahu teknologi VR tidak ada standar yang menyatukannya, tiap produsen mengembangkannya dengan platform masing-masing.

Baca juga:
Nintendo NX, Bukan Konsol Penerus Wii U dan 3DS
Tencent Games Platform (TGP) Box, konsol bikinan Tencent, Intel dan Haier

Dalam pengembangannya DayDream mengambil basis dari Android N. Dengan ini developer dapat dengan mudah membuat aplikasi untuk DayDream. Mungkin DayDream akan menjadi fitur standar dari android N.

DayDream dirancang memiliki pengendali remote yang berisi berbagai sensor, tombol dan trackpad. Jadi DayDream akan menjadi tiga ekosistem yaitu: headset, controller dan smartphone.

Mediatek, ARM, Qualcomm dan Imagination Technologies mendukung VR ini dari sisi komponen. Sekitar kuartal IV 2016 produsen ponsel seperti LG, Huawei, HTC, Samsung, Alcatel, Xiaomi, ZTE, Asus dan yang lainnya sudah menyanggupi untuk merilis ponsel yang mendukung DayDream.

Ada syarat khusus ponsel yang ingin mencoba DayDream, yaitu perangkat harus memiliki sensor dan layar khusus. Sayang belum ada penjelasan lebih detail mengenai ini.

Provider game yang siap untuk mengaplikasikan DayDream adalah Electronic Arts dan Ubisoft. Pihak ketiga lain yang ikut hadir di DayDream adalah HBO dan NetFlix. Aplikasi standar android juga kan dibenamkan fitur VR, seperti Play Store, Street View, YouTube dan Google Photos.

Sumber: detik.com , kompas.com

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔