Tamu Agung ya Ramadhan

6:33:00 AM

foto diambil dari www.berjibaku.com

Bulan Agung segera tiba, mari kita sambut dengan suka cita. Tamu ini akan menjamu kaum Muslimin untuk memperbanyak amalan sunnah seperti membaca al-Qur'an, berdzikir, beristigfar, Shalat tahajud dan witir, sholat dhuha, dan shadaqah dan nilai kebaikan istiqamah, kita perlu ber-Riyadhah (latihan). Riyadhah dapat dilakukan di bulan sebelumnya yaitu Sya'ban, dimana bulan ke delapan  dalam kalender Hijriyah ini menempati posisi posisi dan peran yang sangat urgent sebagai momen  yang efektif  untuk berlatih membiasakan diri dalam beramal shalih.

Tazkiyah al-Nafs merupakan suatu amalan yang disukai dan dicintai ALLAH SWT sebagaimana firmannya:
                 "....Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri"(QS. al-Baqarah;2:222)

Pada ayat tersebut diatas, ALLAH SWT menggunakan kata Yuhibbu dua kali berturut-turut, hal ini menunjukkan betapa pentingnya seorang hamba melakukan tazkiyah baik bathin maupun dzahir. Yang kedua dalam ayat itu ALLAH SWT mendahulukan kasta Tauwaabin dari pada mutathahirin, hal ini memberikan pengertian bahwa tazkiyah bathin ( mengecilkan penyakit hati misalnya sombong, iri, dendam, dengki, dan suka memprovokasi ) lebih penting dari pada tazkiyah dzahir ( berkata baik, bersikap baik, dan bersifat fisik lainnya).

Sebagai impelmentasinya ayat ini dapat dipadukan dengan ayat 70-71 surat al-Ahzaab. Dimana dalam ayat itu ALLAH memerintahkan kepada orang beriman untuk bertaqwa karena keimanan dan ketaqwaan milik hati (bathin) kemudian ALLAH memerintahkan berkata baik atau benar dan memperbaiki sikap atau amalan hidup sehari-hari dan ini merupakan tazkiyah fisik yang tampak pada orang lain.


Jika hal di atas dapat diastukan dalam diri seseorang maka ALLAH SWT akan mudah baginya akan melaksanakan kewajiban maupun sunnahnya. Bulan Sya'ban yang tinggal 2 hari lagi adalah bulan pembinaan dan persiapan diri agar menjadi orang yang sukses di bulan Ramadhan, dapat memperhatikan beberapa hal antara lain :

1. Memperbaharui Keimanan, Seiring dengan proses pemantapan keimanan maka kita harus melakukan 'Tazkiyah al-Nafs" artinya segera bertaubat dari semua dosa yang pernah kita lakukan baik sengaja maupun tidak disengaja dan bertekad bulat untuk tidak akan mengulanginya lagi dimasa akan datang.

2. Ilmu yang Cukup, Belajar ilmu disamping kewajiban bagi kaum muslimin  juga sangat baik jika ilmu tersebut dipersiapkan terlebih dahulu seperti amalan wajib maupun sunnah Rasulullah SAW, misalmnya mempelajari hukum-hukum fiqih Ramadhan secara lengkap, dengan merujuk kitab  Minhajul Muslim (syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi) fiqih sunnah (syaikh Abu Malik Kamal bin As-Sayid  Salim) dan masih banyak lagi pedoman buku untuk petunjuk dibulan Ramadhan.

3. Wa Tawaa Shaubil Haq, Salah satu kewajiban dalam hidup adalah saling mengingatkan dan menasehatiang merupakan bagian kecil dan substansi dari pada dakwah dimanapun dan kapanpun lebih-lebih dibulan suci Ramadhan nanti.

4. Menata Mental, Mengisi dan menata kehidupan ini dengan lembaran putih yang penuh amal keta'atan dan berisi sedikit  amal keburukan , menjadikan hari-hari kita dibulan Ramadhan tidak seperti hari-hari dibulan lain dengan penuh kelalaian dan kemaksiatan.

5. Menahan Diri, dalam upaya mengendalikan diri dari jeratan hawa nafsu , maka harus meninggalkan kebiasaan kurang baik misalnya keinginan hidup mewah, boros, kikir, mengeluarkan perkataan keji, menggunjing, mengadu domba, melampiaskan kemarahan, kesombongan dan kedzaliman.

Demikian yang seharusnya kaum muslimin dalam rangka kedatangan tamu Agung yaitu bulan suci Ramadhan, semoga kita termasuk orang-orang diberi hidayah dan dibukakan pintu taubat. Fas-ta,inu billah!


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔